Sabtu, 30 Juli 2011

nama ahlu al-qiraah mutaqoddimin

nafi el-madaniey bernama asli  nafiie' bin abdur rahman bin abi nuaem  maula jaunah bin syu'ub al-laisiey halif hamzah bin abdul muthollib beliau berasal dari kota ashbihan. kinayah bagi beliau adalah abu ruwaeim , aba al hasan, dan abu abdur rahman. beliau wafat pada tahun 169 H di kota madinah.


qoluun bernama asli isa bin mina al-madaniey al-zuroqiey  maula azzahriyien wa muallimu al-arabiyah. kinayah beliau adalah abu musa. qoluun adalah julukan bagi beliau, diriwayatkan oleh nafie'  el-madaniey, julukan itu diberikan kepada abu musa karena keindahan suaranya ketika membaca al-qur'an. karena dalam bahasa Rum qoluun berarti  indah atau semakna dengan kata جيد. beliau meniggal dunia sekitar tahun 200 H di kota madinah


warsy bernama asli utsman bin said al-mishriey . kinayah beliau adalah abu said . julukan warys 
dimilikinya sebab tubuhnya yang begitu putih. warsy berarti makanan yang terbuat dari  susu. beliau meninggal dunia pada tahun 177 H di kota mehsir.


qunbul bernama asli Muhammad bin Abdur rahman bin Muhammad bin Kholid bin Said bin Jurjah al-makkiey   al-Makhzumiey . kinayah beliau adalah Abu Umar. julukan Qunbul disematkan kebeliau karena beliau berasal dari sekelompok Orang ahlu Makkah yang ter kenal dengan sebutan Qonabilah. beliau meninggal dunia pada tahun 280 H di kota Makkah.


Al-Bazziey  bernama asli Ahmad bin Muhammad bin Abdullah bin Al-Qosim bin Nafie'  bin Abi Bazzah Al-Muaddzin Al-makkiey  Maula bani Makhzum. kinayah beliau adalah Abu al-hasan beliau terkenal dengan sebutan al-bazziey . beliau meninggal dunia setelah tahun 240 H. Qunbul dan Al-Bazziey sama-sama meriwayatkan Qira'ah dengan  isnad  Ibnu Katsir.


Abu Amr Al-bashriey bernama asli Amr bin al-ila'  bin 'imaar bin Abdullah bin Hushoin bin al-harsy  bin Julhum bin Khuzai  bin Mazin bin Malik bin bin Amr bin tamim. versi lain menyebutkan beberapa nama lain  bagi beliau diantaranya, kinayah beliau sendiri, 'Urban, dan yahya. beliau meninggal dunia pada tahun 150 H di kota kufah.


abu Amr bernama asli Hafs bin Umar bin Abdul aziz bin Zuhban al-Azdiey  al-Dahriey al-Nahwiey . al-Daur  adalah salah satu tempat yang terletak di kota Bagdad. beliau menghembuskan nafas terakhirnya pada penghujung tahun 250 H yang tepatnya pada tahu 245 H.


abu Syaib bernama asli Sholeh bin Amr bin Ziyad bin abdillah bin Ismail Al-Rusytubie al-sausiey. Qira'ah yang  diajarkan oleh beliau adalah melaui riwayat Abu Muhammad Yahya bin Mubarok bin al-'Adawiey Abu Syuaib terkenal dengan sebutan Al-yazidiey  sebab beliau semasa dan besahabat dengan Yazid bin Mansyur paman dari Al-Mahdiey khalifah bani Abbasiyah. beliau meninggal dunia pada tahun .



Ibun 'Amir al-Sya'miey  bernama asli adullah bin  'Amir al-yahshubiey  seorang Qodhi di kota Damaskus pada masa pemerintahan kholifah Walid bin Abdul malik. kinayah beliau adalah Abu 'Imran beliau adalah seorang tabiin. Ibnu 'Amir dan Abu 'Amir adalah satu -satunya Ulama  Arab yang tergolong  tujuh Imam Ahlu Al-Qira'ah -populer dengan sebutan al-Qurro al-Sab'ah.Ibnu 'Amir meninggal dunia pada tahun 118 H di kota Damaskus.


Ibnu Dzakwan bernama asli Abdullah bin Ahmad bin Basyir bin Dzakwan al-quraisyiey al-damasyqiey . kinayah beliau adalah abu Amr . beliau wafat pada tahun 242 H di kota Damaskus.


Hisyam bernama asli Hisyam bin Ammar bin Nashiir bin bin Aban bin Maisaroh al-salmiey. beliau memiliki jabatan sebagai seoarang Qodhi dikota Damaskus. kinayah beliau adalah Abu al-Walid . beliau wafat pada tahun 245 H di kota Damaskus. beliau meriwayatkan qira'ah Ibnu 'Amir.


'Ashim al kufiey bernama asli bin Al-najwad -juga dipanggil Bahdzalah, menurut beberapa versi al najwad  bernama Abdullah sedangkan Bahdzalah adalah nama ibu dari 'Ashim - maula Nashr bin Quaien al-Asadiey .kinayah beliau adalah abu bakar seorang tabiin. 'Ashim pernah bertemu dengan Al-Harst  bin Hassan  utusan bani Bakr . beliau menghembuskan nafas terakhirnya di kota Kufah sebelum tahun 127 H.


Abu bakar  bernama asli Syu'bah bin Iyyasy  bin Salim al-kufieiy  al-Asadiey pemimpin bani asadiey di kota kufah. versi lain menyebutkan nama beliau adalah Salim ,kinayahnya sendiri, dan banyak lagi lainnya. beliau meninggal pada tahun 194  H di kota kufah.


Hafsh bernama asli Hafsh bin Sulaiman bin Mughiroh Al-Asadiey al-bazzar al-kufiey. kinayah beliau adalah abu umar  beliau  terkenal dengan sebutan Hufiish . diceritakan oleh waki' bahwa Hafsh adalah orang yang tsiqoh dan lebih baik bacaan nya dari pada Abu Bakar . beliau meninnggal dunia wafat sekitar tahun 190 H .





0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Dolores iusto fugit esse soluta quae debitis quibusdam harum voluptatem, maxime, aliquam sequi. Tempora ipsum magni unde velit corporis fuga, necessitatibus blanditiis.

Address:

9983 City name, Street name, 232 Apartment C

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 5pm

Phone:

595 12 34 567

Total Tayangan Halaman

MERENDAH BUKAN BERARTI HINA. Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut